Untuk Sang Mimpi

Posted: August 18, 2010 in My Posts, Shared
Tags: ,

Terkadang satu pertanyaan datang menyerbu pikiranku, aku ingin tahu, pernahkah kalian mempunyai mimpi yang muncul secara tiba-tiba? Pernahkah suatu ucapan yang tidak disengaja berubah menjadi sesuatu yang sangat ingin didapatkan? Aku masih tidak percaya bahwa hal itu ternyata terjadi padaku.

Kawan, kita sering mendengar orang bicara tentang motivasi dan segala macam pengertiannya. Akan tetapi, bagiku motivasi cukup dijelaskan dengan satu kata, alasan. Alasan untuk melakukan sesuatu, alasan untuk mengubah sesuatu, alasan untuk mengorbankan sesuatu. Walaupun terkadang kita merasa melakukan sesuatu tanpa ada alasan khusus untuk melakukannya, sebenarnya kita selalu memiliki tujuan, keinginan, atau maksud ketika melakukan sesuatu, hanya saja kita tidak pernah menyadarinya. Tentu saja, alasan tertinggi dalam melakukan sesuatu adalah karena Allah SWT, namun kita seringkali melupakan hal ini, kita masih saja menggantungkan tujuan dan keinginan kita pada hal-hal selain Allah SWT. Memang sangat sulit supaya kita bisa selalu bertujuan hanya untuk Allah SWT dalam setiap hal yang kita lakukan. Tetapi, kita harus tetap berusaha setiap saat untuk memperbaiki dan meluruskan niat dan keinginan kita.

Kawan, motivasi dibutuhkan agar kita bisa meraih mimpi. Agar kita mampu bergerak, melangkahkan kaki untuk meraih harapan dan mewujudkan mimpi. Orang yang tidak mempunyai motivasi akan menghadapi kesulitan untuk menggapai mimpinya. Satu pertanyaan muncul di sini, sebenarnya apakah mimpi itu? kenapa dia begitu penting? Mimpi, adalah apa yang kita harapkan menjadi kenyataan di masa depan, tentang apa yang akan kita dapatkan, apa yang akan kita lakukan, dan akan menjadi apa kita. Mimpi adalah awal dari cita-cita, dan cita-cita yang kan mengarahkan kita untuk melangkah di muka bumi ini. Mengantar kita kepada arah tujuan kita. Seringkali sesorang bermimpi tentang kesuksesan masa depan, tentang menjadi orang yang kaya raya, menjadi pejabat, presiden, dan lain sebagainya. Akan tetapi, mimpi tidak terbatas pada apa yang kita inginkan terjadi pada diri kita, dan tentu saja kita harus menyadari bahwa kita tidak hidup sendirian di dunia ini. Terkadang, kita memiliki mimpi tentang orang lain, apa yang akan kita lakukan untuk orang lain, apa yang ingin kita berikan untuk orang lain. Dalam beberapa hal, mimpi kita tentang orang lain sangat berpengaruh pada kita, hingga kita melupakan hal-hal yang kita inginkan untuk diri sendiri.

Kawan, mimpi semacam itulah yang menderaku saat ini. Bahkan, mimpi itu berasal dari sebuah ucapan konyol dan tidak ada alasan untuk mewujudkannya. Kini, ucapan itu berubah menjadi sebuah harapan besar, mimpi yang luar biasa dan tak terbayangkan. Sering terselip keraguan, dapatkah aku mewujudkannya? Satu hal yang ku tahu saat ini, jika aku menyerah semua berakhir, jangan menyerah sebelum mencoba, jangan berhenti berharap sebelum engkau menghadapi probabilitas nol persen.

“Cahaya itu semakin redup, tapi takkan pernah padam, dan akan kembali terang, semakin terang.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s