Baik dan Buruk

Posted: October 28, 2008 in My Posts
Tags: ,

Setiap hal di dunia ini diciptakan berpasang – pasangan. Ada siang maka ada malam, ada kegelapan dan ada cahaya, yang pasti dari suatu sisi pasti ada sisi yang berlawanan dengannya. Banyak orang hanya melihat dari salah satu sisi yang mereka anggap baik. Kebaikan, cahaya, putih, keindahan selalu menjadi perhatian kebanyakan orang. Lawan dari hal – hal tersebut selalu dipandang sebelah mata, tidak berarti, dicemooh dan dianggap sebagai hal yang harus ditinggalkan. Jarang ada orang yang melihat dari sisi yang berlawanan, bahkan mungkin tidak ada. Tapi mungkin ada sebagian orang yang mencoba memahami setiap hal di dunia ini dari kedua sisi yang berlawanan itu. Dua sisi yang berlawanan tidak selamanya baik di salah satu sisi, dan sisi yang lain adalah sisi yang buruk.

Kadang kita harus melihat dunia ini dari kedua sisi tersebut, karena tidak ada yang pasti di dunia ini. Seharusnya kita membandingkan apa yang kita lihat dari dua sisi itu. Dengan melihat dari kedua sisi tersebut kita akan mempunyai sumber informasi ganda yang semakin memantapkan kita pada apa yang kita pilih. Mungkin pendapat – pendapat di atas cukup sulit dimengerti, tetapi intulah yang kulali dalam hidup. Kadang kita melakukan sesuatu yang kita anggap baik, tetapi apa yang kita dapat hanyalah keburukan, kadang kita melakukan hal yang buruk tapi kita mendapatkan kebaikan dari itu.

Efek samping dari cara berpikir seperti itu membuat kita seakan mempunyai dua karakter di dalam tubuh ini. Sosok yang cenderung melihat pada sisi yang baik adalah sosok yang cenderung mengikuti kata hati dalam bertindak, sedangkan sosok yang melihat pada sisi yang berlawananan adalah sosok cenderung menggunakan akal pikiran dan rasionalitas. Sayangnya rasa egoisme menginfeksi kedua karakter tersebut sehingga salah satu cenderung memiliki rasa ingin mendominasi tubuh dan perilaku kita. Orang – orang yang baik adalah orang – orang yang sosok kebaikan mereka cenderung mendominasi perilaku mereka, begitu juga sebaliknya. Orang yang jahat adalah orang yang mempunyai karakter dominan yang melihat pada sisi yang buruk atau berlawanan.

Lalu bagaimana dengan orang yang mempunyai kecenderungan untuk menggunakan kedua karakternya secara bergantian? Apakah mereka orang yang baik atau orang yang jahat? Orang – orang seperti itu mengalami pertentangan hebat di dalam jiwanya, perdebatan tanpa akhir akan mewarnai kesendiriannya. Mereka tidak bisa dikatakan orang yang benar – benar baik atau orang yang benar – benar jahat. Tapi, bagi sebagian yang memiliki kemampuan untuk mengakurkan kedua karakternya akan mendapatkan spirit yang lebih tinggi dalam menjalani hidup karena jika salah satu karakternya drop maka masih ada karakter kedua yang akan membantunya melewati rintangan hidup. Tetapi, perbedaan sikap dan perilaku jelas ada, dengan melihat dari kecenderungan cara berpikir kedua karakter itu maka karakter yang melihat pada sisi yang buruk atau karakter gelap akan terlihat lebih dingin daripada karakter yang melihat pada sisi yang baik atau karakter terang.

Apapun itu, itulah aku, itulah hidup yang kujalani…

Comments
  1. Ajunk says:

    merasa begini??
    hehehe…
    yang penting tetep pada “pegangan”😉

  2. xprashp says:

    Wah, ki postingan luawas mas, tapi jek enek efek e sithik2 lah.. Hehe🙂
    Suwun buat saran e

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s