Tantangan untuk Generasi Muda

Posted: August 12, 2008 in My Posts
Tags: ,

Harga BBM akan melonjak naik, bersamaan dengan harga barang – barang kebutuhan pokok lainnya. Itulah realita saat ini. Akibatnya, sering kita lihat berbagai elemen masyarakat yang melakukan unjuk rasa menentang kenaikan harga BBM. Meskipun tujuan pemerintah menaikkan harga BBM adalah untuk melakukan penghematan agar dapat menanggulangi kenaikan harga minyak dunia yang menembus angka 120 dollar per barrel, tetapi tampaknya masyarakat sudah tidak sanggup untuk menerima kenaikan harga BBM di tengah perekonomian masyarakat yang terseok – seok. Mungkin pemerintah beranggapan dengan menaikkan harga BBM kita dapat melakukan penghematan sesaat. Sesaat, ya memang sesaat, karena kita tahu bahwa BBM berasal dari SDA yang tidak dapat diperbarui dan pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama. Jadi, meskipun kita melakukan penghematan subsidi BBM, pada akhirnya harga BBM akan terus melambung karena menipisnya cadangan minyak bumi, batu bara dan gas alam.

Mau tak mau, sekarang kita harus memikirkan adanya SDA baru yang dapat menggantikan fungsi minyak bumi, batu bara dan gas alam. Kita harus sadar bahwa sebenarnya Indonesia kaya akan SDA yang dapat menggantikan fungsi SDA yang tidak dapat diperbarui tersebut. Contohnya cahaya, Indonesia berada di kawasan tropis yang mendapat sinar matahri sepanjang tahun. Sebagai negara maritim seharusnya kita juga dapat memanfaatkan energi gelombang air laut kita yang sangat kuat sebagai salah satu sumber energi baru. Salah satu sumber energi alternatif yang pernah dicetuskan para ilmuwan kita 52 tahun yang lalu yaitu PLTN seharusnya saat ini sudah menjadi pilihan yang cukup baik bagi Indonesia. Pembangunan PLTN memang masih mengundang pro dan kontra. PLTN dapat menggantikan sumber – sumber energi yang menggunakan BBM dengan penghematan yang sangat tinggi. Tetapi, peristiwaChernobyl membawa kesan buruk bagi PLTN sampai saat ini.

Pihak yang pro terhadap pembangunan PLTN beralasan bahwa dengan PLTN kita dapat melakukan penghematan SDA yang cukup besar dan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan pihak yang kontra beralasan bahwa PLTN dapat menimbulkan dampak radiasi yang sangat luas bagi manusia dan lingkungan serta mereka beranggapan bahwa orang Indonesia belum siap dan belum mampu untuk membangun PLTN. Sungguh alasan yang bagi sebagian orang terasa menyakitkan karena bernada merendahkan diri sendiri seolah kta tidak mampu bersaing dengan orang luar negeri.

Hal ini secara tidak langsung menjadi tantangan bagi kita, generasi muda saat ini. Sudah saatnya kita bangun gemerlapnya globalisasi dan modernisasi yang telah menjadi polusi budaya di dalam kehidupan kita dan mulai berlari kencang untuk menciptakan kesejahteraan bagi Indonesia. Salah satunya dengan menunjukkan pada dunia bahwa suatu saat kita dapat menciptakan teknologi – teknologi baru untuk memanfaatkan SDA – SDA alternatif yang melimpah di negeri kita. Tunjukkanlah bahwa kita siap berpacu dengan dunia serta teknologi – teknologi yang terus bermunculan di era globalisasi ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s